Penyakit rematik merupakan peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Anda yang tengah menderita penyakit rematik tentu saja ingin mendapatkan kesembuhan yang cepat bukan? maka dari itu disini saya akan memberikan tipsnya. Agar keluhan rematik yang anda derita cepat sembuh ada baiknya segera melakukan pengobatan rematik, serta ada beberapa pantangan makanan rematik yang harus dihindari. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pengobatan yang anda jalani. Informasi Pengobatan Rematik Secara Alami

DEFINISI PENYAKIT REMATIK

Rematik adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun.gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, dan jamur, keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri. Selain rematik, ada banyak gangguan autoimun lain, misalnya penyakit lupus, multiple sclerosis dan diabetes tipe 1.pada penyakit rematik, sistem imun gagal membedakan jaringan sendiri dengan benda asing, sehingga menyerang jaringan tubuh sendiri, khususnya jaringan sinovium yaitu selaput tipis yang melapisi sendi.hasilnya dapat menyebabkan sendi bengkak,rusak,nyeri,meradang,kehilangan fungsi dan bahkan cacat. Informasi Pengobatan Rematik Secara Alami

Jenis-Jenis Penyakit Rematik

  • Osteoartritis

Merupakan penyakit rematik yang biasa dialami pada seseorang yang berusia diatas 40 tahun sampai lanjut usia. Rematik jenis ini disebabkan karena menurunnya sistem kerja atau fungsi dari tulang sendi atau adanya akibat kerusakan pada tulang rawan sendi. Secara klinis penyakit rematik jenis ini ditandai dengan rasa nyeri, deformitas atau pembesaran sendi, lambatnya gerak pada sendi terutama pada bagian tangan dan tulang sendi besar yang biasa menanggung beban. Penyakit rematik Osteoartritis biasanya kerap menyerang pada wanita dibanding pria karena wanita mudah sekali mengalami penurunan hormon. Penyebab ada pada kelainan tulang, kegemukan, kepadatan tulang yang tidak seimbang. Hal ini mungkin timbul karena tulang yang lebih padat (keras) tidak membantu mengurangi benturan beban yang diterima oleh tulang rawan sendi. Akibatnya tulang rawan sendi menjadi lebih mudah robek.

  • Artritis Rematoid

Artritis Rematoid merupakan suatu penyakit autoimun dimana persendian yang biasanya menyerang sendi tangan dan kaki. Secara simetris mengalami peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi. rematik jenis ini memang banyak hinggap pada wanita daripada pria, biasanya dirasakan pada awal usia 25-50 tahun dan selanjutnya.

  • Polimialgia Reumatik

Polimialgia Rematika adalah jenis rematik yang menyebabkan rasa kekakuan dan nyeri hebat pada bagian otot leher, bahu dan panggul pada pertengahan atau usia lanjut sekitar 50 tahun keatas. Biasanya penyebab utama dari rematik polimialgia adalah kelelahan fisik akibat suatu pekerjaan dengan beban berat. Gejala yang ditimbulkan adalah nyeri hebat pada bagian otot leher, panggul, dan bahu, sering dirasakan pada pagi hari dan sedang beristirahat. Apabila akibat dari kelelahan fisik biasanya penderita rematik jenis ini akan disertai rasa demam, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan yang drastis, dan depresi muncul secara tiba-tiba dan bertahap.

  • Artritis Gout

Jenis rematik ini biasa dikenal dengan asam urat atau penyakit pirai. Penyakit asam urat punya hubungan erat dengan penyakit rematik ini, kedua penyakit ini saling berinteraksi satu sama lain, karena asam urat terkadang menyerang persendian dan urat-urat halus dari sel-sel syaraf yang tehubung dengan tulang. Untuk jenis rematik satu ini lebih banyak menyerang pada pria dibanding wanita, jika pada pria biasanya dirasakan ketika memasuki usia lanjut kisaran usia 45-60 tahun keatas, jika pada wanita menjelang masa menopause.

PENYEBAB TERJADINYA PENYAKIT REMATIK

Penyebab penyakit rematik ini sangat bervariasi, meskipun belum bisa diketahui pasti penyebabnya, namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit rematik, diantaranya sebagai berikut :

  • Infeksi sehingga menyebabkan peradangan pada sendi
  • Sikap badan yang salah dalam melakukan pekerjaan
  • stres yang disertai dengan kelelahan
  • obesitas / kegemukan
  • sirkulasi darah yang tidak lancar.

PANTANGAN MAKANAN REMATIK

Ada beberapa pantangan makanan rematik yang harus dihindari oleh para penderita rematik, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pengobatan yang anda jalani, serta mempercepat penyembuhannya. Dan berikut pantangan makanannya :

  • Kacang-kacangan seperti susu kacang, kacang buncis.
  • Jeroan seperti, usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dsb.
  • Makanan kaleng seperti, sarden, kornet sapi, dsb.
  • Makanan yang bersantan, seperti nasi lemak, gulai, dsb.
    Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll.
  • Alkohol.
  • Kangkung dan bayam.

Dengan menghindari yang menjadi pantangan makanan rematik, diharapkan dapat membantu mempercepat pengobatan penyakit rematik. Selain itu, ada pula pengobatan rematik secara alami, yang memanfaatkan kekayaan alam dan khasiatnya dalam mengatasi penyakit rematik, Untuk selengkapnya KLIK Informasi Pengobatan Rematik Secara Alami.

Semoga Informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi keluhan rematik yang anda derita.

 

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

Bookmark and Share