Apakah anda penderita penyakit gagal ginjal? jika iya tentu anda akan bertanya mengenai pantangan makanan gagal ginjal, dan sekarang saya akan membahas mengenai pantangan makanan gagal ginjal tersebut. Tapi sebelumnya saya akan membahas sedikit mengenai penyakit gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal merupakan suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan, yang pada akhirnya ginjal tersebut tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine. Informasi Pengobatan Gagal Ginjal Secara Alami

Beberapa penyebab terjadinya gagal ginjal

Adapun beberapa penyebab yang umumnya sering menjadi pemicu terjadinya penyakit gagal ginjal pada seseorang, diantaranya adalah sebagai berikut : Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi.ataupun disebabkan oleh beberapa penyakit diantaranya penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension),Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus),Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur),Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik,Menderita penyakit kanker (cancer),Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease),Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Informasi Pengobatan Gagal Ginjal Secara Alami

Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal

Perlu dipahami kembali, bahwa ada sayur dan buah yang berpotensi memperparah kondisi kesehatan penderita gagal ginjal. Oleh karena itu, penderita gagal ginjal harus benar-benar mengetahui kandungan buah dan sayur yang mereka konsumsi.

Untuk membantu para penderita gagal ginjal dalam mempercepat penyembuhan penyakitnya tersebut “gagal ginjal”, ada beberapa pantangan makanan gagal ginjal yang konsumsinya harus dikurangi, bahkan tidak boleh lagi untuk di konsumsi, berikut adalah beberapa pantangan makanan gagal ginjal yang perlu dihindari :

  • Makanan yang bersumber karbohidrat tinggi seperti: nasi, jagung, kentang, makaroni, pasta, hevermout, ubi.
  • Protein hewani, seperti: daging kambing, ayam, ikan, hati, keju, udang, telur.
  • Sayuran dan buah-buahan tinggi kalium, seperti: apel, alpukat, jeruk, pisang, pepaya dan daun pepaya, seledri, kembang kol, peterseli, buncis.

“Penderita gagal ginjal sebaiknya mengurangi konsumsi buah-buahan karena sebagian buah-buahan berkadar Kalium (potassium) tinggi,” ujar dokter Dian Novita Chandra, M.Gizi, Staf Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia kepada Warta Kota belum lama mi.

Kadar Kalium Yang tinggi

Kadar kalium yang sangat tinggi (hiperkalemia) dapat menyebabkan irama jantung terganggu. Penderita harus bisa membatasi jumlah konsumsi buah setiap harinya. Misalnya buah apel, penderita ginjal hanya bisa mengonsumsi setengahnya saja. Namun yang juga harus diingat, jika kondisi penderita ginjal sudah tidak bisa lagi berkermh, maka sebaiknya hentikan konsumsi buah dan sayur hingga lancar berkemih.

Sementara itu, bagi penderita yang belum menjalani cuci darah. dianjurkan untuk melakukan diet rendah protein 40-45 gram/hari. Hal ini tentunya tergantung fungsi ginjal penderita yang dapat diketahui dengan pemeriksaan laboratorium. Jika fungsi ginjal kurang dari 15 persen, maka pertu melakukan cuci darah.

Lain lagi pada penderita gagal ginjal yang sudah lama alias menahun atau kronis. Penderita gagal ginjal kronis harus menjalani diet ketat dengan beberapa tujuan yaitu untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh dan untuk menjaga agar penderita dapat beraktivitas seperti orang normal.

Prinsip diet penderita gagal ginjal kronis

  • Diet lunak atau biasa
  • Sebagai sumber karbohidrat: gula pasir, selai, sirup, dan permen.
  • Cukup energi dan rendah protein
  • Sebagai sumber protein, diutamakan protein hewani, misalnya: susu, sapi, daging, dan ikan. Banyaknya sesuai dengan kegagalan fungsi ginjal penderita.
  • Sebagai sumber lemak, diutamakan lemak tidak jenuh, dengan kebutuhan sekitar 25 persen dari total energi yang diperlukan.
  • Untuk kebutuhan air, dianjurkan sesuai dengan jumlah urine 24 jam; sekitar 500 mililiter melalui minuman dan makanan.
  • Untuk kebutuhan kalium dan natrium dengan keadaan penderita.
  • Untuk kebutuhan kalori, sekitar 35 Kkal/Kg berat badan/hari.
  • Membatasi asupan garam dapur jika ada hipertensi(darah tinggi) atau edema (bengkak).
  • Dianjurkan juga mengonsumsi agar-agar karena selain mengandung sumber energi juga mengandung serat yang larut.

Semoga informasi mengenai pantangan makanan gagal ginjal diatas bermanfaat, dan bagi anda yang juga tengah mencari pengobatan untuk penyakit gagal ginjal secara alami, disini saya juga memiliki solusinya, yaitu dengan Pengobatan untuk gagal ginjal dengan Ace Maxs.

 

 

Informasi Pengobatan Gagagl Ginjal Secara Alami

 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

Bookmark and Share