Penyakit tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Kuman ini bisa bertahan lama di air yang kotor, makanan tercemar, dan alas tidur yang kotor. Tidak menutup kemungkinan siapa saja dapat menderita penyakit ini, termasuk juga bayi yang dilahirkan dari ibu yang terkena demam tifoid.

Masa inkubasi penyakit ini rata-rata 7 sampai 14 hari. Demam merupakan gejala yang paling utama diantara semua gejala klinis lainnya. Awalnya pada minggu pertama tidak ada gejala khas dari penyakit ini. Bahkan gejalanya menyerupai infeksi akut lainnya. Gejala yang muncul antara lain demam, sering bengong atu sering tidur, sakit kepala, mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit perut, diare atau justru sembelit (susah buang air besar) selama beberapa hari. Peningkatan suhu bertingkat setiap hari. Minggu berikutnya gejala bertambah jelas. Demam yang dialami semakin tinggi, lidah kotor, bibir kering, penderita terlihat acuh tak acuh, dll.

Ada baiknya penderita penyakit typus ini lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, agar pengobatan penyait typus yang dijalani lebih cepat. Untuk itu para penderita typus harus mengetahui apa saja makanan untuk penderita typus.

Lingkungan yang kotor, yang terkontaminasi dengan salmonella typhi merupakan penyebab paling sering timbulnya penyakit typus. Kebiasaan yang tidak sehat seperti jajan sembarangan, tidak mencuci tangan menjadi penyebab terbanyak penyakit ini. Penyakit ypus cukup menular lewat air seni atau tinja penderita. Penularan juga dapat dilakukan binatang seperti lalat dan kecoa yang mengangkut baktri ini dari tempat yang kotor.

Makanan Untuk Penderita Typus

makanan untuk penderita typus ini bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit typus tersebut. Penderita typus dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak, makanan yang tidak pedas, kurangi konsumsi garam, dan bumbu-bumbu yang dapat merangsang pencernaan. Penderita typus juga disarankan untuk tidak mengosongkan lambung, lebih baik makan sedikit-sedikit tapi rutin.

Adapun makanan untuk penderita typus yang baik untuk dikonsumsi misalnya, bubur, nasi tim dengan lauk-pauk telur, daging ayam, daging sapi yang dicincang halus. Jangan lupa juga sayuran yang rendah serat seperti wortel, labu siam, labu air yang dimasak menjadi berupa sup atau sayur bening.

ada juga buah-buahan yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita typus, seperti buah pisang. Penderita typus juga sebaiknya tidak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak gas misalnya kubis, sawi, nangka, dan durian. Karena buah dan sayur yang mengandung gas tersebut rentan sekali mengiritasi lambung, selain itu juga dapat memperberat kerja usus.

selain makanan untuk penderita typus diatas, ada juga minuman yang baik untuk penderita typus. Susu putih sangat disarankan untuk penderita typus, teh manis hangat dan air rebusan kacang hijau juga baik diminum, disamping minum air putih yang banyak agar pencernaan selalu bersih. Informasi Pengobatan Typus Secara Alami

Cara Pencegahan Penyakit Typus

Selain makanan untuk penderita typus diatas, adapula upaya untuk menghindari atau mencegah penyakit typus ini disarankan untuk lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, makanan dan minuman dimasak dengan baik.

 

INFORMASI PENGOBATAN TYPUS SECARA ALAMI !!!!

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

Bookmark and Share