Setelah sebelumnya saya membahas tentang pantangan makanan maag, dan obat tradisional maag, sekarang saya akan membahas mengenai makanan untuk penderita maag, atau makanan yang baik untuk penyakit maag, hal inipun bertujuan sama seperti fungsi dari pantangan makanan maag, yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit maag yang dialami. Karena dengan menjalankan atau mengkonsumsi makanan untuk penyakit maag ini akan sangat membantu serta memaksimalkan pengobatan yang dijalani. Dan berikut daftar makanan untuk penyakit maag.

Makanan Untuk Penderita Maag

Jika anda adalah seorang penderita penyakit maag sebaiknya mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, dan berikut daftar makanan untuk penderita maag :

  • Sumber Karbohidrat : Bubur, kentang rebus, biskuit, dan tepung-tepungan yang dibuat puding atau bubur.
  • Bubur Ayam

Bagi penderita penyakit maag akut, mengkonsumsi bubur ayam ini sangat berguna untuk mencegah serta meminimalisir serangan rasa sakit pada lambung. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa bisa ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk

  • Kentang rebus

Kentang merupakan salahsatu Sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari sangat bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.

Sayuran yang berserat dan tidak menimbulkan gas seperti : labu kuning, labu siam, wortel, brokoli.

  • Brokoli

Brokoli merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah, dan bawang putih.

Buah-buahan yang tidak asam dan tidak beralkohol seperti : Pisang, pepaya, tomat

  • Pisang Masak

Kalium yang terdapat dalam buah pisang dan pepaya bermanfaat untuk menyeimbangkan ph (derajat keasaman) di dalam lambung. Selain itu juga pisang mampu memberikan rasa kenyang sehingga baik dikonsumsi diantara waktu makan. Pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya ini bermanfaat untuk meredakan panas dan mempercepat penyembuhan luka dilambung. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antarkunion dan kunionnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru.

  • Kol

Meski terkadang banyak dijauhi karena mengandung gas, namun banyak ahli kesehatan yang justru memanfaatkan kol untuk mengatasi penyakit maag. Menurut Dr Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Konsultasikan dengan dokter Anda.

  • Permen Karet

Menurut Dr. David C. Metz, guru besar pengobatan divisi gastroenterologi University of Pennsylvania Health System di Philadelphia, aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung. Selain itu juga dengan bertambahnya produksi air liur juga dapat meningkatkan upaya pembersihan lambung.

Dengan Mengkonsumsi daftar makanan untuk penderita maag diatas, diharapkan bisa membantu mengurangi keluhan penyakit Maag yang anda derita.

 

Informasi Pengobatan Magg Secara Alami

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

Bookmark and Share